• Purchasing Management – Skills and Knowledge Must Have

    Purchasing Management – Skills and Knowledge Must Have

    Perusahaan ingin membeli komputer dan notebook. Kira-kira mana yang lebih baik hasil pembeliannya, apakah staf atau manager IT yang ahli komputer dan notebook, atau staf dan manager Purchasing. Manager IT lebih paham dan mengetahui spesifikasi dan detail komputer, sedangkan Manager Purchasing ini tidak banyak paham mengetahu detai teknis komputer. Perusahaan juga ingin membeli mesin-mesin produksi, mana yang lebih baik hasil pembeliannya, apakah manager engineering yang paham mengenai mesin, atau manager purchasing yang tidak begitu paham mengenai mesin-mesin. Jika jawabanny ternyata Manager IT yang lebih baik dalam melakukan pembelian komputer dan manager engineering yang lebih baik dalam melakukan pembelian mesin-mesin dibandingkan manager Purchasing. Maka lebih baik user seperti manager IT dan Manager Engineering itu saja yang melakukan pembelian. Kenapa ada Purchasing??.

    Memang betul user lebih paham mengenai detail teknis barang dan jasa yang akan dibeli, tapi belum tentu hasilnya lebih baik jika Purchasing yang melakukan pembelian. Ada proses pembelian yang sangat dikuasai oleh Purchasing. Apalagi jika pembelian barang dan jasa dalam jumlah besar, berkesinambungan dan sangat mempengaruhi jalannya operasional perusahaan. Purchasing akan melakukan analisa market pemasok, melihat berapa banyak pemasok yang ada, berapa harga pasar, berapa kemampuan produksi dan lainnya. Purchasing akan melakukan seleksi dan penialaian terhadap calon pemasok, kemudian melakukan negosiasi dan membina hubungan baik dengan pemasok. Kemampuan yang dilakukan purchasing ini yang tidak dimiliki oleh fungsi yang lain. Jadi seorang

    Purchasing yang sukses harus memiliki keahlian dan pengetahuan yaitu

    • Negotiation Skills

    Kemampuan bernegosiasi adalah salah satu kunci utama kemampuan yang harus dimiliki oleh Purchasing. Ketidakmampuan bernegosiasi akan menjadikan proses pembelian yang tidak mengasilkan VALUE bagi perusahaan. Negosiasi itu beda dengan tawar menawar, yang hanya berpatokan pada kesepakatan harga saja. Banyak variable yang bisa digunakan. Negosiasi itu penuh dengan strategy dan taktik, membutuhkan persiapan, Negosiasi adalah seni dan membutuhkan “latih tanding” , pengalaman dan knowledge. Kemampuan bernegosiasi ini membutuhkan skills dan knowledge bidang lainnya. Seperti ilmu psikologis. Seorang negosiator harus dapat membaca bahasa tubuh, contoh mengetahui apakah lawan negosiasinya berbohong, tertarik dan sebagainya.

    • Leadership & Communication Skills

    Karena fungsi purchasing berada di tengah antara user dan pemasok, maka purchasing harus memiliki teknik bagaimana mengelola keinginan  user dan kemampuan pemasok. . Purchasing juga berinteraksi dengan fungsi lain, seperti logistik, keuangan dan lainnya. Yang mungkin berbeda pola berpikir dan ketertarikannya. Maka dibutuhkan kemampuan leadership dan communication yang baik.

    • Market & Industry

    Pemahaman terhadap struktur market dan industry pemasok sangatlah penting dalam proses pembelian. Berapa banyak pemasok yang ada, berapa kapasitas produksinya, lokal atau impor, berapa harga rata-rata pasar, harga terendah dan data-data industri lainnya.

    • Tax

    Purchasing juga harus paham mengenai perpajakan yang berkaitan dengan pembelian barang dan jasa.

    Jika Anda ingin lebih meningkatkan kemampuan bernegosiasi, berkomunikasi, leadership dan perpajakan Anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan di DMTc Training. Hubungi kami di 0878 8299 2123 atau admin @ dmt-id com untuk informasi lebih lanjut. Kunjungi website kami dmt-id.com.

    Penulis : Dino Martin, MBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *