Perlakuan Akuntansi Perusahaan Konstruksi (bagian 3)

An employee of a money changer counts U.S. dollar notes for a customer in Makassar

Pengakuan Pendapatan

Setiap perusahaan dalam melakukan kegiatan usaha diharapkan akan mendatangkan pendapatan. Secara garis standard akuntansi kita menggolongkan pendapatan ke dalam tiga kelompok ;

  1. Pendapatan dari Penjualan Barang
  2. Penjualan Jasa
  3. Penggunaan Asset.

PSAK 23 mendifinisikan Penghasilan sebagai arus bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktifitas normal sebuah badan usaha dalam suatu periode yang mengakibatkan kenaikan ekuitasyang tidak berasal dari kontribusi penanaman modal. Definisi tersebut memberikan sebuah pemahaman akan arti penting tiga poin :

  1. Arus brutto
  2. Aktifitas normal.
  3. Periode

Arus brutto bisa di artikan sebagai imbalan yang masuk akibat dari aktifitas/kegiatan ekonomi sedangkan aktifitas normal merupakan kegiatan operasional utama suatu badan usaha yang mendatangkan manfaat ekonomis dan periode sendiri bisa dikatakan sebagai waktu atau masa.

Permasalahan Pengakuan Pendapatan.

Permasalahan utama dalam mengakui pendapatan adalah menentukan saat kapan pendapatan diakui.Standard akuntansi kita memberikan ukuran-ukuran yang mengatur sebuah pengakuan pencatatan pendapatan. Ada dua ukuran yang harus diketahui terlebih dahulu agar membantu kita dalam memecahkan permasalahan tersebut

 

  1. Adanya potensi manfaat ekonomis yang akan mengalir di masa akan dating.
  2. Manfaat ekonomis tersebut memiliki ukuran-ukuran yang andal.

Standard akuntansi kita telah mengidentifikasikan keadaan-keadaan dimana kriterai dan ukuran bisa terpenuhi sehingga pendapatan dapat diakui dan memberikan panduan praktis dalam penerapan criteria tersebut. Ketidakmampuan untuk mengukur pendapatan yang andal bisa juga disebabkan kurangnya tekink pengukuran yang terandal dan ketidakmampuan untuk menentukan prosedur pengukuran yang menjelaskan secara layak.

 

Helmy Harahap

Helmy Harahap – Professional Instriktur DMTc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Warning! Spamming is against the law