• Management dan Akuntansi – Aset Tetap : Pengukuran Awal

    Pencatatan dan pelaporan aset tetap dimulai dengan menentukan nilai awal atau disebut juga harga perolehan. Harga perolehan inilah yang nantinya akan dikapitalisasi. Untuk menentukan harga perolehan dari pembelian barang yang masuk kriteria aset tetap, harus dihitung biaya perolehan aset tetap. Biaya perolehan aset tetap adalah biaya yang dikeluarkan hingga aset tersebut siap digunakan. Siap digunakan artinya, aset tersebut sudah siap, walaupun belum digunakan dalam operasional perusahaan.

    Biaya perolehan terdiri dari tiga bagian yaitu

    1. Harga perolehan (Purchase Price), adalah biaya yang dikeluarkan dalam upaya mendapatkan aset tersebut. Harga beli aset, biaya pengiriman, bea impor dan pajak pembelian yang tidak dapat dikreditkan, termasuk dalam kompok harga perolehan
    2. Biaya Diatribusikan Langsung (Directly Attributable Cost) biaya-biaya yang dapat diatribusikan secara langsung untuk membawa aset ke lokasi dan kondisi yang diinginkan agar aset siap digunakan sesuai dengan keinginan dan maksud manajemen. Contoh, biaya instalasi, biaya pelatihan oparator, biaya test, biaya konsultan, termasuk biaya bunga bank yang muncul hingga aset siap digunakan.
    3. Pembokaran Aset Lainnya (Dismantling Cost), biaya pembongkaran dan pemindahan aset tetap lainnya dan restorasi lokasi aset lainnya. Jika dibutuhkan dalam proses agar, aset tetap tersebut dapat siap digunakan. Contoh, Membangun bangunan baru, tetapi harus membongkar bangunan lama. Biaya pembongkaran bangunan lama, masuk dalam katagori ini

    Jadi biaya perolehan aset bukan hanya biaya untuk mendapatkan aset tetap tersebut, tetapi seluruh biaya yang berkaitan seluruh aktivitas agar aset tersbut siap digunakan.

    Jika Anda ingin lebih meningkatkan kemampuan dalam mengelola, mengontrol, mencatat, dan mengevaluasi serta memonitor Aset Tetap, Anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan di DMTc Training. Hubungi kami di 0878 8299 2123 atau admin @ dmt-id com untuk informasi lebih lanjut. Kunjungi website kami dmt-id.com.

    Penulis : Dino Martin, MBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *