• Cash Flow and Treasury Management : Bagian 1 – Pentingnya dan Arti Cash Management

    Kenapa Cash Management Sangat Penting ?

    Perusahaan yang sehat secara financial secara garis besar dapat terlihat dari tiga faktor yaitu; penjualan yang berkelanjutan, menghasilkan laba (profitabilitas) dan cash (likuiditas) yang berkualitas. Perusahaan dapat saja memiliki penjualan dan laba yang meningkat tapi tidak memiliki kecukupan likuiditas. Ada beberapa penyebabnya seperti piutang yang tinggi. Jadi penjualan tinggi tapi tidak memiliki likuiditas, uang nya tertahan pada piutang.

    Mengapa hal ini bisa terjadi?. Karena pencatatan penjualan berbasiskan prinsip akrual yang sudah mengakui penjualan ketika produk atau jasa sudah terkirim dan diterima oleh pelanggan, walaupun belum menerima pembayarannya. Jadi perusahaan yang memiliki profitabilitas yang tinggi belum tentu memiliki kecukupan likuiditas. Maka pengelolaan cash/likuiditas perusahaan sangatlah penting. Bayangkan jika perusahaan tidak memiliki kecukupan likuiditas, perusahaan akan susah untuk membeli bahan baku, membayar karyawan dan pengeluaran lainnya. Perusahaan dapat bankrut bukan karena tidak memiliki penjualan dan laba, tetapi karena tidak memiliki liquiditas. Oleh sebab itu cash management sangatlah penting bagi kelangsungan jalannya roda bisnis perusahaan.

    Kegagalan Pengelolaan Cash Management

    Kebanyakan perusahaan mempersepsikan tugas dan tanggungjawab pengelolaan kas, ada dipundak tim keuangan dan akunting. Padahal jika diperhatikan, pengeluaran kas yang jumlahnya besar dan mempengaruhi financial perusahaan justru datang dari kebutuhan aktivitas diluar keuangan, operasional, marketing, production. Justu, keuangan dan akunting hanya mengelola kas yang sedikit untuk kepentingannya sendiri. Jika fungsi keuangan dan akunting tidak dapat menyediakan pendanaan tepat waktu dan jumlah, maka mereka akan dinilai gagal menjalankan tugasnya. Ditambah lagi fungsi keuangan dan akunting tidak memahami proses bisnis perusahaan dan bagaimana mengelola kas dengan baik.

    Banyak yang beranggapan mengelola kas adalah dengan cara menyeimbangakan pengeluaran (cash out) dan pemasukan (cash in), terutama pada saat waktu pembayaran. Jika jumlah cash out lebih besar dari cash in nya, maka dilakukan penundaan realisasi cash out. Akhirnya pendekatan pengelolaan cash akan terjebak pada pengelolaan yang sifatnya jangka pendek dan transaksional. Gagal melihat pengelolaan kas secara komprehensif. Gagal melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi likuiditas.

    Strategic Cash Management

    Cash management, seperti hal management lainnya, memiliki pendekatan yang sama, yaitu mensyaratkan adanya perencanaan, pelaksanaan, penilaian kinerja, pelaporan, analisa dan usulan perbaikan.

    • Perencanaan. Pengelolaan cash yang efektif dan efisien membutuhkan perencanaan jauh sebelumnya. Ini yang lebih dikenal dengan Cash Budgeting & Planning. Dengan adanya Cash Budgeting & Planning, memungkinkan untuk melakukan monitoring, controlling, evaluasi dan perbaikan pengelolaan cash
    • Pelaksanaan. Pada proses ini, baik proses penerimaan cash dan pengeluaran cash diperlukan validasi transaksi tersebut, kalkulasi jumlah, verifikasi dokumen pendukung dan otorisasi
    • Pelaporan dan Analisa. Pelaporan dan analisa cash sangatlah diperlukan untuk mendeteksi kondisi likuiditas perusahaan. Apa saja yang mungkin menjadi masalah dan penyebabnya.
    • Usulan Perbaikan. Berdasarkan hasil identifikasi masalah dan penyebabnya, maka dapat ditentukan perbaikan yang perlu dilakukan.

    Pengelolaan cash managament dituntut juga untuk lebih proaktif, artinya tidak menunggu realisasi cash in dan cash out. Finance dan Accounting harus dapatn mendeteksi dan menganalisa potensial permasalah dan pemecahannya jauh sebelumnya. Dan pendekatannya bukan hanya pendekatan transaksional tetapi lebih komprehensif mencakup seluruh aspek operasional. Inilah yang disebut pendekatan STARTEGIC

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Strategic Cash Management, ikutlah pelatihan “Cash Flow and Treasury Management” di DMTc Training. Jadwal Pelatihan dapat di akses di www.dmt-id.com

    Post Tagged with ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *